Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa ahli


Pengantar Kurikulum
Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa ahli
Dosen : Bpk. Khaerudin, M.Pd
UNJ - FIP - TP '12

Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa ahli
a.       Kurikulum adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah matapelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (Crow and Crow)[1][2]
b.      Kurikulum adalah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan pengetahuan dan pengalamannnya (Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam Oliva, 1991:7)
c.       Kurikulum adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika (Carter V. Good dalam Oliva, 191:6)
d.      Kurikulum adalah seperangkat organisasi pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan. . David Praff
e.       Kurikulum adalah susunan rangkaian dari hasil belajar yang disengaja. Kurikulum menggambarkan (atau paling tidak mengantisipasi) dari hasil pengajaran.Inlow (1966)
Kurikulum adalah seperangkat perencanaan pengajaran yang sistematik yang berisi pernyataan tujuan, organisasi konten, organisasi pengalaman belajar, program pelayanan, pola belajar mengajar, dan program evaluasi agar pebelajar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dan perubahan tingkah laku. 
Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancang secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum itu dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang direncanakan sebagai panduan guru untuk mengajar dan sisiwa untuk belajar.

Pembahasan
Kurikulum dalam pendidikan adalah sebuah alat untuk menempa manusia yang diharapkan(peserta didik) sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pendidikan suatu bangsa dengan bangsa lain tidak akan sama karena setiap bangsa dan Negara mempunyai filsafat dan tujuan pendidikan tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai segi, baik segi agama, idiologi, kebudayaan, maupun kebutuhan Negara itu sendiri. -Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, - kurikulum merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, baik Sebagai pedoman mengatur segala kegiatan sehari-hari dalam belajar, program pendidikan yang harus dilaksanakan, Cara menyelenggarakan setiap jenis program pendidikan, serta Orang yang bertanggung jawab dan melaksanakan program pendidikan.

Ida Ayu Komang A. (NIM : 1215121096)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar