Pengantar Kurikulum
Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa ahli
Dosen : Bpk. Khaerudin, M.Pd
UNJ - FIP - TP '12
Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa ahli
a.
Kurikulum adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah matapelajaran
yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu
program untuk memperoleh ijazah. (Crow and Crow)[1][2]
b.
Kurikulum
adalah rekonstruksi dari pengetahuan dan pengalaman secara sistematik yang
dikembangkan sekolah (atau perguruan tinggi), agar dapat pebelajar meningkatkan
pengetahuan dan pengalamannnya (Danniel Tanner and Laurel N. Tanner dalam
Oliva, 1991:7)
c.
Kurikulum
adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang
dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya
kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika (Carter V. Good dalam
Oliva, 191:6)
d.
Kurikulum adalah seperangkat organisasi pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan. . David Praff
e.
Kurikulum adalah susunan rangkaian dari hasil belajar yang disengaja. Kurikulum menggambarkan (atau paling tidak mengantisipasi) dari hasil pengajaran.Inlow (1966)
Kurikulum
adalah seperangkat perencanaan pengajaran yang sistematik yang berisi
pernyataan tujuan, organisasi konten, organisasi pengalaman belajar, program
pelayanan, pola belajar mengajar, dan program evaluasi agar pebelajar dapat
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dan perubahan tingkah laku.
Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang
berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan,
direncanakan dan dirancang secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang
dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum itu dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang direncanakan sebagai panduan guru untuk mengajar dan sisiwa untuk belajar.
Pembahasan
Kurikulum dalam pendidikan adalah sebuah alat
untuk menempa manusia yang diharapkan(peserta didik) sesuai dengan tujuan yang
diharapkan. Pendidikan suatu bangsa dengan bangsa lain tidak akan sama karena
setiap bangsa dan Negara mempunyai filsafat dan tujuan pendidikan tertentu yang
dipengaruhi oleh berbagai segi, baik segi agama, idiologi, kebudayaan, maupun
kebutuhan Negara itu sendiri. -Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional, - kurikulum merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana
proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan,
baik Sebagai pedoman mengatur segala kegiatan sehari-hari dalam belajar, program
pendidikan yang harus dilaksanakan, Cara menyelenggarakan setiap jenis program
pendidikan, serta Orang yang bertanggung jawab dan melaksanakan program
pendidikan.
Ida Ayu Komang A. (NIM : 1215121096)
0 komentar:
Posting Komentar