Dasar Komunikasi (DasKom)
Model Komunikasi Berlo dalam Paradigma Mengajar dan Esensi Disain Pembelajaran
Dosen : Bu. Murti K. Wirasti
UNJ - FIP - TP '12
Model
Komunikasi Berlo dalam Paradigma Mengajar dan Esensi Disain Pembelajaran
Pada Model Berlo, guru
sebagai Sourch atau sumber belajar. Message adalah Materi dan bahan pengajaran
dari guru. Melihat, mendengar,meraba sebagai chanel dalam memahami materi
pelajaran, serta siswa SD sebagai Receiver. Dimana terdapat Feedback dalam
kegiatan belajar , berupa tugas atau ulangan akhir yang menentukan penilaian. Efek siswa/ Peserta didik dapat mengerti
materi yang disampaikan, dan Lingkungan yaitu kondisi/situasi dalam
pembelajaran
Contoh : Guru SD menyampaikan materi dengan metode
ceramah dan menggunakan alat bantu, bisa
menggunakan laptop dan LCD dengan Slide yang di buat sesuai materi yang
akan diajarkan, serta menyisipkan gambar ataupun video yang dapat membuat slide
semakin menarik dan membuat siswa semakin mengerti dengan materi yang
disampaikan. Dapat pula dengan menyediakan alat-alat praktek yang sesuai. Siswa
juga diberikan buku pedoman/ buku pelajaran yang didalamnya terdapat
materi-materi yang diajarkan. Pada akhir jam pelajaran, siswa diberikan tugas
dan pada akhir semester/ mid semester didakan ulangan-ulangan untuk mengetahui
sejauh mana Peserta Didik dapat memahami
dan mengerti materi-materi yang telah diajarkan.
Ida Ayu Komang Anggraeni (NIM : 1215121096)
2 komentar:
nama bukunya apa sih yg ngebahas tentang model berlo?
Ilmu Komunikasi suatu pengantar : Prof. Deddy Mulyana
Posting Komentar