Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Model Komunikasi Berlo dalam Paradigma Mengajar dan Esensi Disain Pembelajaran


Dasar Komunikasi (DasKom)
Model Komunikasi Berlo dalam Paradigma Mengajar dan Esensi Disain Pembelajaran
Dosen : Bu. Murti K. Wirasti
UNJ - FIP - TP '12


Model Komunikasi Berlo dalam Paradigma Mengajar dan Esensi Disain Pembelajaran

Pada Model Berlo, guru sebagai Sourch atau sumber belajar. Message adalah Materi dan bahan pengajaran dari guru. Melihat, mendengar,meraba sebagai chanel dalam memahami materi pelajaran, serta siswa SD sebagai Receiver. Dimana terdapat Feedback dalam kegiatan belajar , berupa tugas atau ulangan akhir yang menentukan penilaian. Efek siswa/ Peserta didik dapat mengerti materi yang disampaikan, dan Lingkungan yaitu kondisi/situasi dalam pembelajaran

Contoh :     Guru SD menyampaikan materi dengan metode ceramah dan menggunakan alat bantu, bisa  menggunakan laptop dan LCD dengan Slide yang di buat sesuai materi yang akan diajarkan, serta menyisipkan gambar ataupun video yang dapat membuat slide semakin menarik dan membuat siswa semakin mengerti dengan materi yang disampaikan. Dapat pula dengan menyediakan alat-alat praktek yang sesuai. Siswa juga diberikan buku pedoman/ buku pelajaran yang didalamnya terdapat materi-materi yang diajarkan. Pada akhir jam pelajaran, siswa diberikan tugas dan pada akhir semester/ mid semester didakan ulangan-ulangan untuk mengetahui sejauh mana Peserta Didik dapat memahami  dan mengerti materi-materi yang telah diajarkan.

Ida Ayu Komang Anggraeni (NIM : 1215121096)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nama bukunya apa sih yg ngebahas tentang model berlo?

M. Ilhamul Akbar mengatakan...

Ilmu Komunikasi suatu pengantar : Prof. Deddy Mulyana

Posting Komentar