Pembangunan Masyarakat Berpengetahuan (Knowledge Society)
Dosen : Bpk. Cecep
Kustandi, M.Pd
UNJ - FIP - TP '121. Pengertian Masyarakat Berpengetahuan
Masyarakat berpengetahuan adalah suatu kelompok masyarakat dimana anggota masyarakatnya ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan dengan menguasai keterampilan dasar yang diperlukan dan mempunyai akses informasi.
2. Ciri-ciri Masyarakat Berpengetahuan
* Keterbukaan Masyarakat terhadap akses Informasi
* Mengembangkan keeterampilan dasar
* Adanya partisipasi masyarakat
* Mempunyai
kemampuan akademik
* Berpikir kritis
* Berorientasi kepada pemecahan masalah
* Mempunyai
kemampuan untuk belajar meninggalkan pemikiran yang lama-lamadan belajar lagi
untuk hal-hal yang baru
* Mempunyai
keterampilan pengembangan individu dan sosial (termasuk kepercayaandiri,
motivasi, komitmen terhadap nilai-nilai moral dan etika, pengertian secaraluas
akan masyarakat dan dunia)
3. Isu-isu dalam membangun masyarakat berpengatahuan
a. Perberdayaan Masyarakat
* Memberantas kemiskinan
* Mewujudkan pendidikan dasar bagi semua
* mendorong kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan
* mengurangi tingka kematian anak
* meningkatkan kesehatan ibu
* memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lain
* menjamin kelestarian lingkungan
* mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan
b. Pemanfaatan ICT
Untuk mewujudkan mawyarakat yang berpengetahuan, terlebih dalam kontes era digital saat ini, pemanfaatan TIK/ICT punya peran penting. dengan memanfaatkan ICT masyarakat dapat terus memperbaharui informasi dan ilmu pengetahuan yang setiap saat bisa berubah.
4. Strategi dalam Membangun Masyarakat Berpengetahuan
* Kerangka Kebujakan dan Aturan
Kerangka kebijakan dan aturan disini memungkinkan adanya dukungan dari pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai pada tingkat daerah. dalam hal ini pemerintah merumuskan beberapa kebijakan dan aturan dalam menciptakan masyarakat berpengetahuan dapat berupa PP(Peraturan Presiden)/ untuk ditingkatkan daerah melalui PerDa.
* Akses
- Perpustakaan (Umum / Universitas / Sekolah)
- Cyber Kafe
- Telecentres (Pelayanan Komunikasi dan Informasi masyarakat)
- Media Masa, khususnya Radio
* Partisipasi
Dalam konteks pembangunan suatu bangsa tentunya partisipasi masyarakatnya menjadi prioritas paling utama. karena masyarakatlah yang nantinya akan menjalani program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
* Keterampilan Dasar (Skill)
Untuk membangun masyarakat bepengetahuan tentunya masyarakat minimal harus memiliki kemampuan dasar, paling tidak tingkat pendidikan masyarakat sampai pada tingkat pendidikan menengah
Kesimpulan
Peningkatan
kualitas sumber daya manusia, merupakan rangkaian upayauntuk mewujudkan manusia
seutuhnya, baik sebagai insan maupun sebagaisumber daya pembangunan.
Pembangunan manusia sebagai insan dan sumber daya pembangunan, adalah
menekankan harkat, martabat, hak dan kewajiban manusia. Pembangunan manusia
sebagai insan tidak terbatas pada kelompokumur tertentu, tetapi berlangsung
dalam seluruh kehidupan manusia.
Benang
merah dari definisi pembangunan ialah bahwa pembangunanbertujuan merubah
“keadaan” (rehabilitasi dan rekonstruksi— pen) masyarakat kearah yang lebih
baik dengan cara pemecahan masalah yang dihadapi. Maka dalam hal ini masyarakat
penting untuk dilibatkan.
Sebuah
masyarakat berpengetahuan ( Knowledge Society) adalah bentukan dari tradisi
yang menghargai tinggi pengetahuan, dalam artianpengetahuan (Knowledge) adalah
komoditas yang setiap manusia berhak untuk mengaksesnya, bukan hanya monopoli
manusia yang sehari- harinya hidup diinstitusi pendidikan- penelitian formal.
Pengetahuan adalah hak setiap orang,yang singkatnya, pendidikan adalah hak
semua orang jika memang bertujuanuntuk membentuk yang namanya masyarakat
berpengetahuan ( KnowledgeSociety).
Pembangunan
sebuah masyarakat berpengetahuan (Knowledge Society)adalah proyek perbaikan
berkelanjutan (Continues Improvement), dan padaproses ini selalu ada tahapan
"Uji Lab", semacam prototype awalan untukpembuktian empirik sebuah
konsep. Artinya proses membentuk masyarakatberpengetahuan itu sifatnya dinamis
dan berkelanjutan antar generasi, setiapgenerasi akan mampu melihat bahwa
pencapaian setiap zaman itu akanberbeda, bergantung pada kerja keras dan
kemauan tiap generasi untuk mencapainya. (sumber : Kel 4 PTKI TP UNJ'12)
Penguasaan Materi
1.
Siapakah yang dimaksud dengan
masyarakat berpengetahuan? Berikan Contohnya !
Masyarakat berpengetahuan
adalah suatu masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan
dengan menguasai keterampilan dasar yang diperlukan dan mempunyai akses
informasi. Contoh : Warga yang sudah mengetahui,mengerti dan memanfaatkan IPTEK dalam kehidupannya.
2.
Mengapa perlu dibangun suatu masyarakat
berpengetahuan?\
Kerena adanya kemajuan
teknologi dan informasi (IPTEK) dapat memberikan dampak global terhadap dunia,
baik itu positif maupun negatif sehingga di butuhkan masyarakat yang
berpengetahuan supaya dapat memfilter dampak-dampak tersebut dan dapat
menghadapi berbagai tantangan zaman yang dinamis.
3.
Berikan contoh konkrit mengenai
kemampuan yang perlu dimiliki oleh para warga masyarakat agar dapat terbentuk
masyarakat berpengetahuan!
Contoh :
* masyarakat memiliki kemampuan berfikir yang terbuka dalam menerima kemajuan
serta ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pengembangan.
*memiliki kemampuan dasar dalam IPTEKS
*masyarakat bisa mengakses informasi
dimanapun mereka berada dengan menggunakan internet, media massa ataupun
perpustakaan umum.
*Masyarakat memiliki tingkat pendidikan sampai pada tingkat menengah
(By Kel 13 PTKI TP UNJ'12)
Ida Ayu Komang Anggraeni (NIM : 1215121096)
0 komentar:
Posting Komentar