Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Contoh Kritik Film


Pemakaian Efek Visual Berlebihan dan Membingungkan dalam Misi Pengaktifan Kembali Matahari
Oleh : Ida Ayu Komang Anggraeni

            Film berjudul Sunshine  besutan sutradara Danny Boyle, ditulis oleh Alex Garland dan diproduseri oleh Andrew Macdonald. Film yang dirilis 6 April 2007 menghabiskan biaya produksi sebesar US$40 million. Dimainkan oleh artis Amerika dan Asia sebagai gambaran menyatuan seluruh dunia dalam misi ke matahari antara lain, Cillian Murphy , Chris Evans , Rose Byrne , Michelle Yeoh , Cliff Curtis , Garity Troy , Hiroyuki Sanada , Benedict Wong , Chipo Chung , dan Mark kuat .

            Film ini menceritakan masa dimana bumi dalam ambang kehancuran karena matahari yang tidak berfungsi  lagi,pemerintah dan para ilmuwanpun merencanakan misi pergi menuju matahari untuk memacu kerja matahari kembali, dengan mengirimkan pesawat ‘icarus 2’ berawakan 8 orang ilmuwan(Cillian Murphy sebagai Robert Capa: Ahli fisika yang mengoperasikan perangkat bintang-bom besar, Chris Evans sebagai Mace: Insinyur, Rose Byrne sebagai Cassie: pilot Kapal ruang angkasa, Michelle Yeoh sebagai Corazon: Ahli biologi yang merawat "kebun oksigen" kapal, Cliff Curtis sebagai Searle: dokter kapal dan petugas psikologis, Troy Garity sebagai Harvey: petugas komunikasi dan wakil kapten, Hiroyuki Sanada sebagai Kaneda: kapten Kapal,& Benediktus Wong sebagai Trey: Navigator) dengan membawa bom nuklir terakhir yang ada di bumi. Saat  melewati merkuri mereka mendengar sinyal dari pesawat ‘icarus 1’ yang gagal dan hilang dalam misinya 7 tahun yang lalu, ditengah perjalanan menghampiri ‘icarus 1’ salah seorang awak melakukan kesalahan sehingga terjadilah penyimpangan koordinasi titik dengan jalur matahari yang seharusnya, maka terjadilah kerusakan-kerusakan fatal pada badan pesawat akibat dari perubahan suhu udara yang ekstrim, satu per satu awak kapal mengorbankan diri demi keberlanjutan dan keberhasilan misi, saat sampai di ‘icarus 1’ mereka menemukan adanya kejanggalan dalam kegagalan misi, bahwa kenyataan menunjukkan adanya sabotasi. Tanpa disadari ‘sang penyabotase’ yaitu Pinbacker(Mark Strong) yang tak ingin rencana pengaktifan matahari kembali berhasil ternyata masih hidup dan masuk kedalam pesawat ‘icarus 2’. Pembantaian dan perjuangan 4 awak terjadi hingga yang tersisa hanya 2 orang ilmuwan yang berhasil mensukseskan misi dan membuat bumi kembali diselimuti hangatnya cahaya matahari seperti dulu.

            Cerita luar biasa dengan diiringi penggunaan efek visual  yang membuat seolah-olah di luar angkasa seperti nyata, dimana tergambarkan tanpa ada kesan itu hanya efek visual saja. Penggunaan alur maju yang dikemas lumayan baik, Namun cukup membingungkan karena kurangnya penjelasan dan keadaan yang  kurang tergambar diawal film membuat kesan pertama akan film ini adalah membosankan. Suasana yang kurang dapat membawa penonton ikut merasakan apa yang dirasakan dalam film. Ditambah terdapat seorang tokoh pembuat klimaks cerita yang kemunculannya membuat bingung karena pemakaian efek visual yang berlebihan (Pinbacker : yang divisualisasikan tidak jelas ). Serta di semi akhir film dimana dimaksudkan ingin memberikan kesan dramatis dan mencekam namun hanya membuat bingung, lagi-lagi akibat penggunaan efek yang berlebihan dan kurang pas. Di balik itu semua film Sunshine mengandung  proses demokrasi dan kerjasama internasional dalam menyelamatkan dunia, namun ada pula unsur ateisme di dalamnya yang menggambarkan religiusme dapat menyebabkan perpecahan antar manusia, dan juga penggambaran bahwa manusia religius tidak mau berjuang melakukan perbaikan dan hanya pasrah dengan menganggap yang terjadi adalah takdir Tuhan tanpa perlu merubahnya bahkan cenderung menghalangi dalam melakukan perubahan dan penggambaran tersirat lainnya yang cenderung ke arah negative.

            Ingatlah tak ada yang sempurna, setiap karya memiliki kelebihan dan kekurangan. Uraian singkat ini dibuat tanpa maksud menjatuhkan siapapun. Walaupun demikian film ini masih cocok untuk mengisi waktu bersantai anda bersama keluarga ataupun kerabat Maupun sebagai pembelajaran dalam pembuatan film fiksi ilmiah lainnya, yang seharusnya dirangum lebih rapi dan dapat menggabungkan berbagai macam aspek secara adil dengan tujuan memperbaiki pola kehidupan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

NAMA                        :           IDA AYU KOMANG A.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Folks are now able to catch their preferred movie at home at any moment they want. Click here for more watchfree.fm

Unknown mengatakan...

The satellite direct tv software gives you the ability to stream Sirius television shows on the net easily without needing to pay monthly fees in any respect. Visit here for more information fmovies

Posting Komentar