Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Ilmu Murni dan Terapan dalam Pendidikan


Pengantar Ilmu Pendidikan
Ilmu Murni dan Terapan dalam Pendidikan
Kel 4 : Ida Ayu Komang A. & Nurul Arifah 
Dosen : Bpk. Sadek

UNJ - FIP - TP '12

Ilmu Murni
                Ilmu Murni adalah ilmu yang membahas/ mendalami ilmu itu sendiri. Dalam pendidikan ilmu murni akan tampak dari adanya usaha untuk membahas teori-teori pendidikan secara dalam.Ilmu Pengetahuan Murni berfokus kepada teori yang ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru.

Ilmu Terapan
                Ilmu terapan adalah usaha-usaha menerapkan dalam kegiatan proses kehidupan (sebagai alat yang memudahkan kehidupan).
                                Dalam kegiatan proses pendidikan menggunakan bantuan teori dan pendidikan dalam mengatasi masalah-masalah anak didik tidak terkecuali pendidikan memerlukan bantuan ilmu murni lain seperti, psikologi, matematika, biologi, untuk membantu proses pendidikanJadi, dapat dikatakan bahwa ilmu pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, tetapi memerlukan ilmu lain, seperti: kedokteran, psikologi, sosiologi, dll.
                                 **Ilmu pendidikan bersifat praktis artinya sesuai dengan teori-teori yang relevan sedangkan sifat teoritisnya tampak pada usaha-usaha untuk mencoba menggali, menemukan formula-formula khusus yang  dapat digunakan dalam praktek kependidikan (teori-teori)       Dalam menghasilkan formula/ kajian-kajian ini tidak bisa terlepas dari bantuan ilmu ilmu lain yang mendukung/ berhubungan dengan manusia pada umumnya serta manusia yang terlibat pada kegiatan pendidikan (guru, siswa, administrator, dll) pada khususnya.

Perbedaan Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan :
                * Ilmu Pengetahuan Murni berfokus kepada teori yang ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru. Misalnya, penelitian mata manusia. 
                * Sedangkan Ilmu Pengetahuan Terapan menempatkan teori-teori ke dalam praktek dengan tujuan mencari solusi dari sebuah masalah. Contohnya ketika diketahui bahwa mata dapat bermasalah, para ilmuwan berhasil menemukan kacamata. Melalui Ilmu Pengetahuan Terapan ini kita mendapatkan berbagai produk dan layanan baru, tetapi perkembangan ini berawal mula dari kemajuan dalam Ilmu Pengetahuan Murni.

Hubungan Antara Teoritis(Ilmu Murni) dan Praktis(Ilmu Terapan) 

Pada Ilmu Pendidikan (Teknologi)
Ilmu pengetahuan murni (BASIC SCIENCE: Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi) dan teknologi/terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Teknologi tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya ilmu pengetahuan membutuhkan teknologi untuk menyediakan fasilitas dan peralatan penelitian yang akurat. Sebagai contoh, mesin uap tidak akan ditemukan tanpa adanya penelitian di bidang ilmu pengetahuan fisika. Di lain pihak, keberhasilan pembuatan mesin uap ini mendorong penelitian lebih lanjut dalam bidang ilmu murni yang berkaitan dengan teori panas dan termodinamika.

                Contoh Lainnya : penelitian di bidang mekanika kwantum yang sangat berpengaruh terhadap struktur suatu atom .Studi mengenai hubungan antara elektron dan atom tersebut merupakan dasar bagi industri elektronika pada saat ini. Setelah diketahui bahwa struktur molekul sangat ditentukan oleh sifat mekanika kwantum dari atom dan molekulnya, maka prinsip dasar dari logam, kristal dan material sejenis dengan mudah dapat dijelaskan. Kemajuan di bidang fisika dan mekanika kwantum ini mendorong timbulnya industri kimia untuk mengembangkan jenis material baru dan mendorong kepada penemuan transistor, semikonduktor dan IC yang merupakan awal dari industri komputer pada saat ini.Ilmu Murni

                Ilmu Murni adalah ilmu yang membahas/ mendalami ilmu itu sendiri. Dalam pendidikan ilmu murni akan tampak dari adanya usaha untuk membahas teori-teori pendidikan secara dalam.Ilmu Pengetahuan Murni berfokus kepada teori yang ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru.
Ilmu Terapan
                Ilmu terapan adalah usaha-usaha menerapkan dalam kegiatan proses kehidupan (sebagai alat yang memudahkan kehidupan).
                                Dalam kegiatan proses pendidikan menggunakan bantuan teori dan pendidikan dalam mengatasi masalah-masalah anak didik tidak terkecuali pendidikan memerlukan bantuan ilmu murni lain seperti, psikologi, matematika, biologi, untuk membantu proses pendidikanJadi, dapat dikatakan bahwa ilmu pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, tetapi memerlukan ilmu lain, seperti: kedokteran, psikologi, sosiologi, dll.
                                 **Ilmu pendidikan bersifat praktis artinya sesuai dengan teori-teori yang relevan sedangkan sifat teoritisnya tampak pada usaha-usaha untuk mencoba menggali, menemukan formula-formula khusus yang  dapat digunakan dalam praktek kependidikan (teori-teori)       Dalam menghasilkan formula/ kajian-kajian ini tidak bisa terlepas dari bantuan ilmu ilmu lain yang mendukung/ berhubungan dengan manusia pada umumnya serta manusia yang terlibat pada kegiatan pendidikan (guru, siswa, administrator, dll) pada khususnya.

Perbedaan Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan :
                * Ilmu Pengetahuan Murni berfokus kepada teori yang ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru. Misalnya, penelitian mata manusia. 
                * Sedangkan Ilmu Pengetahuan Terapan menempatkan teori-teori ke dalam praktek dengan tujuan mencari solusi dari sebuah masalah. Contohnya ketika diketahui bahwa mata dapat bermasalah, para ilmuwan berhasil menemukan kacamata. Melalui Ilmu Pengetahuan Terapan ini kita mendapatkan berbagai produk dan layanan baru, tetapi perkembangan ini berawal mula dari kemajuan dalam Ilmu Pengetahuan Murni.

Hubungan Antara Teoritis(Ilmu Murni) dan Praktis(Ilmu Terapan) 

Pada Ilmu Pendidikan (Teknologi)
Ilmu pengetahuan murni (BASIC SCIENCE: Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi) dan teknologi/terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Teknologi tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya ilmu pengetahuan membutuhkan teknologi untuk menyediakan fasilitas dan peralatan penelitian yang akurat. Sebagai contoh, mesin uap tidak akan ditemukan tanpa adanya penelitian di bidang ilmu pengetahuan fisika. Di lain pihak, keberhasilan pembuatan mesin uap ini mendorong penelitian lebih lanjut dalam bidang ilmu murni yang berkaitan dengan teori panas dan termodinamika.

                Contoh Lainnya : penelitian di bidang mekanika kwantum yang sangat berpengaruh terhadap struktur suatu atom .Studi mengenai hubungan antara elektron dan atom tersebut merupakan dasar bagi industri elektronika pada saat ini. Setelah diketahui bahwa struktur molekul sangat ditentukan oleh sifat mekanika kwantum dari atom dan molekulnya, maka prinsip dasar dari logam, kristal dan material sejenis dengan mudah dapat dijelaskan. Kemajuan di bidang fisika dan mekanika kwantum ini mendorong timbulnya industri kimia untuk mengembangkan jenis material baru dan mendorong kepada penemuan transistor, semikonduktor dan IC yang merupakan awal dari industri komputer pada saat ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar