Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

INTEGRATING INSTRUCTIONAL SYSTEM DEVELOPMENT AND PERFORMANCE TECHNOLOGY (Mengintegrasikan Pengembangan Sistem Instruksional dan Teknologi Kinerja)


Pengantar Teknologi Pendidikan (PTP)
INTEGRATING INSTRUCTIONAL SYSTEM DEVELOPMENT AND PERFORMANCE TECHNOLOGY (Mengintegrasikan Pengembangan Sistem Instruksional dan Teknologi Kinerja)
Dosen : Prof. Yusufhadi
UNJ - FIP - TP '12

    INTEGRATING INSTRUCTIONAL SYSTEM DEVELOPMENT AND PERFORMANCE TECHNOLOGY (Mengintegrasikan Pengembangan Sistem Instruksional dan Teknologi Kinerja)

Pengembangan Sistem Instruksional
Dalam tulisan molenda :
  1. Pengembanga sistem instruksional (instructional system development), kebanyakan hanya menekankan pada masalah belajar
  2. Sementara itu dalam lingkungan dunia kerja , dituntut/meningkatnya kinerja
Tahap-tahap pengembangan sistem instruksional :
  1. Tahap Mengidentifikasi
  2. Tahap mengembangkan
  3. Tahap mengevaluasi dan merevisi

MENINGKATNYA KINERJA
( Improving Performance )
Menurut Prof.  Dr.  Yusufhadi Miarso, M.Sc
Kinerja = bukti nyata bahwa seseorang atau suatu organisasi mampu menerapkan apa yang dipelajari

Mengapa perlu meningkatkan kinerja?
Ada tiga alasan besar perlunya meningkatkan kinerja:
  1. kurangnya keterampilan / pengetahuan,
  2. kurangnya insentif,
  3. kurangnya alat atau sumber daya.

KINERJA MENINGKAT
q  PESERTA DIDIK
q  GURU/DOSEN
q  PERANCANG PEMBELAJARAN
q  PENGEMBANG SUMBER BELAJAR DLL.
q  ORGANISASI

MENINGKATNYA KINERJA PESERTA DIDIK
Ø  PENGALAMAN BELAJAR YANG BERMAKNA
Ø  PEMAHAMAN YANG LEBIH MENDALAM (BUKAN SEKEDAR  MENGINGAT)
Ø  PELAJARAN YANG TERKAIT DAN DAPAT DITERAPKAN DALAM KEHIDUPAN
Ø  MEMPERHATIKAN 10 JENIS INTELIGENSI
Ø  MAMPU MENTRANSFER PELAJARAN DALAM BERBAGAI SITUASI LAPANGAN

MENINGKATNYA KINERJA GURU/DOSEN
  MEMUNGKINKAN BERKURANGNYA WAKTU PEMBELAJARAN, DENGAN MEMBERI KESEMPATAN LEBIH BANYAK KEPADA PESERTA DIDIK UNTUK BELAJAR AKTIF & MANDIRI
  MEMUNGKINKAN EFEKTIVITAS BELAJAR
  MEMUNGKINKAN MENINGKATNYA DAYA TARIK
  LEBIH MANUSIAWI

MENINGKATNYA KINERJA PERANCANG  PEMBELAJARAN & PENGEMBANG SUMBER BELAJAR
  MEMUNGKINKAN  MENINGKATNYA  MANFAAT-BIAYA (COST-BENEFIT)
  MEMUNGKINKAN  MENINGKATNYA PRODUKTIVITAS KEGIATAN
  MENINGKATNYA  KEPUASAN
  MENINGKATNYA  MUTU PELAYANAN
  MELUASNYA PRODUK ATAU HASIL KEGIATAN

MENINGKATNYA KINERJA  ORGANISASI
       EFEKTIVITAS : dihasilkannya produk atau jasa yang dihargai masyarakat
       EFISIENSI : dihasilkannya produk atau jasa dengan biaya, waktu & tenaga sedikit mungkin
       PRODUKTIVITAS : dipertahankannya produk atau jasa dengan mengurangi masukan, atau meningkatnya produk atau jasa dengan perkembangan kemampuan dan/atau penggunaan teknologi baru

KESIMPULAN
                JADI PENINGKATAN BELAJAR DAN KINERJA ITU ADALAH SAMA DAN NGGA BISA UNTUK DIPISAHKAN , DAN UPAYA UNTUK PENINGKATAN BELAJAR DAN KINERJA ITU DILAKUKAN BERSAMA (TERINTEGRASI) (sumber  : Kel 6 PTP TP'12)

Ida Ayu Komang A. (NIM : 1215121096)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar