Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Contoh Esai


MATERI  ESAI


Tema               :           Mengenal dan Memahami Macam-macam Jenis Cinta
Kerangka         :           -Pendahuluan
                                    -Cinta Kepada Allah
                                    -Cinta Kepada Orangtua
                                    -Cinta Kepada Kekasih
                                                *Cinta karena Kasih Sayang
                                                *Cinta karena harta
                                                *Cinta karena nafsu
                                    -Penutup

  
            Mengenal dan Memahami
            Macam-macam Jenis Cinta
                                            Oleh. Ida Ayu Komang Anggraeni

            Cinta,.. siapakah yang tak mengetahui ‘sosok’ ini?? sesuatu yang tanpanya tak kan ada kehidupan di Bumi,dan tak dapat pula kita merasakan indahnya Dunia ini. Sesuatu yang membuat seorang merasa berharga, bahagia, dan pula kecewa. Saya yakin tiap orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang makna akan cinta, wajar saja selain karena tiap orang mengalami dan merasakan cinta dari sisi yang berbeda-beda namun pula karena cinta adalah sesuatu yang transparan dan selalu menjadi misteri. Banyak yang menganggap cinta hanya perasaan sepasang insan, Namun sesungguhnya cinta mempunyai makna yang lebih dari itu. Mungkin macam-macam Cinta yang saya akan bahas masih sedikit sekali dibandingkan sebenarnya, namun saya hanya memilih cinta yang paling penting dan populer sekarang ini menurut saya. Langsung saja ke materi yaaa,...

1.      Cinta kepada Allah (Mahabatullah)
Cinta ini adalah cinta pada tingkatan paling tinggi dan utama. Jika semua perasaan cinta didasari kepada kecintaan kepada Illahi, InsyaAllah akan mendapatkan keridhoan-Nya serta mendapatkan kebahagian di dunia maupun akhirat kelak.
* Ciri dan cara Mencintai Allah sepenuhnya:
            - Senantiasa mengingat dan mengutamakan Allah di segala aktifitas kita
            - Mencintai apa yang dicintai Allah, dan menjauhi yang tak disukai Allah
            - Mencintai yang lain adalah karena Allah & untuk mencari Ridho Allah
Setiap insan itu hidup karena diciptakan oleh sang pencipta yaitu Allah SWT. Jika kita cinta kepada Allah maka Allah pun akan cinta kepada kita.kasih sayang Allah terhadap umatnya sangatlah besar dan sepantasnya manusia yang diciptakan-NYA harus besujud dan bersyukur karena setiap makhluk bergantung pada-Nya.



2.      Cinta kepada Orangtua
Allah menitipkan kita kepada orangtua sebagai karunia yang selalu mereka jaga dan rawat dengan sepenuh hati. Mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kita. Bersyukurlah karena kita mempunyai orangtua yang amat mencintai kita, karena tak semua orang dapat kesempatan yang sama. Oleh karena itu sungguh tak pantas kita membalas semua itu dengan ketidakcintaan, sikap buruk dan sering melawan. Yang seharusnya kita lakukan adalah mencintai mereka dengan sepenuh hati & berusaha membuat mereka bahagia.

3.      Cinta kepada Kekasih
Cinta jenis ini haruslah didasarkan atas cinta kepada Allah & Orangtua. Cintailah kekasihmu sewajarnya dan pada batas normal saja. Namun tak semua manusia dapat mendasari cintanya dengan ketulusan.Yuuk kita lihat macam-macam cinta kepada kekasih:
            * Cinta karena Kasih Sayang
                        Cinta ini kini tak sering ditemukan, namun bila kita melandasi         cinta yang kita miliki kepada Allah maka cinta ini akan tumbuh dengan     sendirinya di dalam hati umat yang slalu bertawakal kepada-Nya. Cinta      ini bersifat tulus. Insan yang dilanda cinta ini merasa saling membutuhkan , dan saling melengkapi satu sama lain dijalan yang benar.

            * Cinta karena harta
                        Cinta seperti ini sudah makin banyak terjadi di sekitar kita,cinta      jenis ini makin marak tumbuh karena perkembangan zaman yang    mengutamakan materi. Sekarang beberapa orang mulai berfikir realistis,           mereka membutuhkan harta/uang untuk mencukupi kehidupanya sehari-     hari. Jadi, mereka mencari pasangan yang jauh lebih kaya dari mereka.             Kini banyak orangtua saat anak gadisnya dilamar pemuda tak lagi           menomor satukan pertanyaan mengenai hafalan surat dan ketaqwaannya     seperti dahulu, namun pekerjaanlah yang pertama ditanyakan. Tak bisa       disalahkan karena tak ada orangtua yang menginginkan anaknya hidup             menderita namun itu menjadi salah satu bukti bahwa kehidupan cinta             karena harta sudah dianggap biasa oleh masyarakat kini.

            * Cinta karena nafsu  
                        Cinta inilah yang berbahaya, cinta ini tumbuh karena rasa ingin        memiliki tanpa disertai ketulusan. Cinta ini biasanya terjadi pada masa-        masa remaja/dewasa, (contoh: kita ingin mendapatkan seseorang yang di        anggap  cantik/ganteng di kampus/sekolahan kita. Maka dengan      mendapatkanya, kita bisa memuaskan keinginan kita untuk     memilikinya.) Akan tetapi, “biasanya” hubungan seperti ini tidak    bertahan lama, karena tidak desertai dengan rasa cinta yang tulus. Namun   banyak akibat dari cinta karena nafsu yang lebih berbahaya dari contoh          yang saya sebutkan. Maka dari itu kita harus menjaga cinta kita yang ada      dengan sebaik mungkin, jagalah dengan Mencintai Allah pada tingkat         pertama dan Orangtua di posisi selanjutnya, agar kita tak tergoda oleh          kenikmatan cinta sesaat yang membawa kita ke jalan yang salah, menuju         ke pintu kedzaliman yang nyata(naudzubillahiminzaliq).


            Tak banyak yang dapat saya sampaikan dengan tulisan ini, namun intinya Sebagai umat ciptaan Allah, sepantasnyalah kita mencintai Sang Pencipta kita diatas segala-galanya. Kita sebagai makhluk yang dilahirkan tak berdaya kini tlah tumbuh menjadi manusia mandiri dengan bantuan orangtua kita, kini waktunya kita menjaga dan membahagiakan orangtua kita dengan cinta yang kita punya dan usaha yang kita lakukan untuk membanggakan mereka. Sebagai remaja, sangatlah wajar merasakan cinta terhadap lawan jenis, namun  ingatlah cinta seperti ini datang tiba-tiba dan kadang pergi tanpa disadari. Setiap manusia menyukai kepastian dalam hal cinta, maka cintailah mereka yang sudah pasti selalu mencintaimu dalam suka dan duka dari dahulu hingga kini, hingga nanti saatnya tiba untuk bertemu jodoh yang ditakdirkan untuk kita. Jagalah cintamu agar selalu menjadi perhiasan terindah dalam hati dan berikanlah cintamu pada orang-orang di sekelilingmu sesuai porsinya dan yang terpenting adalah ketulusan dalam memberi cinta. Penuhilah sekelilingmu dengan cinta tulus yang didasari kecintaanmu pada Sang Illahi.

 Thanks to:
2010. Macam-Macam Cinta. http://www.unikunik.web.id/Artikel/21-info/577-macam-macam-cinta.html .Sunday, 21 March 2010
*IAKA

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar