Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Manfaat Kurikulum


Pengantar kurikulum
Makalah manfaat kurikulum

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
                                          
Kata Pengantar                  
            Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Yang telah memberikan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini.
            Makalah ini berisi penjelasan tentang Manfaat Kurikulum berdasarkan golongannya.
            Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami sebagai penyusun menyadari dalam penyusunan makalah ini belum sempurna mengingat adanya kemampuan dan pengetahuan yang terbatas, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritiknya demi penyempurnaan makalah ini.
            Demikianlah makalah yang dapat kami buat. Semoga mateeri yang kami sajikan dapat dipahami dengan seksama, serta dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
                                                                                                 Jakarta, 26 Desember 2012
Penyusun
Bab I
Pendahuluan

1.1           Latar Belakang Masalah

Kurikulum sangat diperlukan untuk pendidikan diseluruh Indonesia karena kurikulum merupakan landasan pendidikan di Indonesia. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
            Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

1.2           Rumusan Masalah
1.      Apakah Kurikulum Itu?
2.      Apa saja manfaat kurikulum itu?

1.3           Tujuan
1.      Memahami definisi dan manfaat dari kurikulum
2.      Mengetahui manfaat kurikulum


BAB II
Pembahasan


A.  Pengertian Kurikulum      
Sebelum membahas Pengertian Kurikulum, kurikulum sering diartikan sebagai suatu rancangan dalam pendidikan memiliki posisi yang strategis, karena seluruh kegiatan pendidikan bermuara kepada kurikulum. Begitu pentingnya kurikulum sebagaimana sentra kegiatan pendidikan, maka didalam penyusunannya memerlukan landasan atau fondasi yang kuat, melalui pemikiran dan penelitian secara mendalam.
Kurikulum tidak hanya dilakukan dilakukan di sekolah, namun juga berlaku di masyarakat, karena sesungguhnya setelah anak belajar disekolah, anak akan terjun ke dunia masyarakat untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu sekolah juga merupakan pembentuk kepribadian anak sebelum anak siap untuk terjun ke dunia masyarakat.
1.      Pengertian Kurikulum
Kurikulum merupakan seperangkat/sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk menggunakan aktivitas belajar mengajar.
Sistem diatas dipergunakan melihat kurikulum itu ada sejumlah komponen yang terkait dan berhubungan satu sama lain untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, dipandang sistem terhadapa kurikulum, artinya kurikulum itu dipandang memiliki sejumlah komponen-komponen yang saling berhubungan, sebagai kesatuan yang bulat untuk mencapai tujuan.

B.   Manfaat Kurikulum

Manfaat kurikulim dibagi menjadi tiga, yaitu: 1. Manfaat Kurikulum Bagi Guru, 2. Manfaat Kurikulum Bagi Sekolah, dan Manfaat Kurikulum Bagi Masyarakat.

1.         Manfaat kurikulum bagi guru
a. Kurikulum sebagai pedoman bagi guru dalam merancang, malaksanakan, dan menilai    kegiatan pembelajaran.
b.  Membantu guru untuk memperbaiki situasi belajar.
c.  Membantu guru menunjang situasi belajar ke arah yang lebih baik.
d.  Membantu guru dalam mengadakan evaluasi kemajuan kegiatan belajar mengajar.
e. Memberikan pengertian dan pemahaman yang baik bagi guru untuk menjalankan tugas sebagai pengajar yang baik di kelas.
f.  Mendorong guru untuk lebih kreatif dalam penyelenggaraan program pendidikan.

2.         Manfaat kurikulum bagi sekolah
a.  Kurikulum dijadikan sebagai alat untuk mencapai suatu tujuanpendidikan, baik itu dalam tujuan nasional, institusional, kurikuler, maupun dalam tujuan instruksional. Dengan adanya suatu kurikulum maka tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan oleh sekolah tertentu dapat tercapai.
b. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan (KTSP).
c. Memberi peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan (KTSP).

3.      Manfaat kurikulum bagi masyarakat
a.  Sebagai acuan untuk berpartisipasi dalam membimbing putra/putrinya di sekolah (dalam hal ini orang tua sebagai bagian dari masyarakat).
b.  Dengan mengetahui suatu kurikulum sekolah, masyarakat dapat berpartisipasi dalam rangka memperlancar program pendidikan, serta dapat memberikan kritik dan saran yang membangun dalam penyempurnaan program pendidikan di sekolah.
                                                                                                                                               
4.         Manfaat kurikulum bagi OrangTua
                      Bagi orang tua, kurikulum bermanfaat sebagai bentuk adanya partisipasi orang tua dalam membantu usaha sekolah dalam memajukan putra putrinya. Bantuan yang dimaksud  dapat berupa konsultasi langsung dengan sekolah/guru  mengenai masalah-masalah menyangkut anak-anak mereka. Bantuan berupa materi dari orang tua anak dapat melalui lembaga BP-3. Dengan membaca dan memahami kurikulum sekolah, para orang tua dapat mengetahui pengalaman belajar yang diperlukan anak-anak mereka, sehingga partisipasi orang tua ini pun tidak kalah pentingnya dalam menyukseskan proses belajar mengajar disekolah.

5         Manfaat kurikulum bagi Siswa itu sendiri
          Keberadaan kurikulum sebagai organisasi belajar  tersusun merupakan suatu persiapan bagi anak didik. Anak didik diharapkan mendapatkan sejumlah pengalaman baru yang dikemudian hari dapat dikembangkan seirama dengan perkembangan anak, agar dapat memenuhi bekal hidupnya nanti. Kalau kita kaitkan dengan pendidikan Islam, pendidikan mestinya diorientasikan kepada kepentingan peserta didik, dan perlu diberi bekal  pengetahuan untuk hidup pada zamannya kelak.
                                                                                                                                                                                  
BAB III
Penutup

Kesimpulan
            Manfaat kurikulum ada tiga, yaitu Kurikulum Bagi Guru, Kurikulum Bagi Sekolah, dan Kurikulum Bagi masyarakat. Kurikulum Bagi Guru bermanfaat bagi guru itu sendiri sebagai pedoman dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran, agar menunjang situasi belajar ke arah yang lebih baik. Kurikulum Bagi Sekolah, dalam sekolah kurikulum dijadikan sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan pendidikan, mendorong otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan, serta mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan. Dan Kurukulum Bagi Masyarakat, merupakan acuan dalam membimbing putra-putrinya disekolah, serta dalam rangka memperlancar program pendidikan, dan memberikan kritik dan saran yang membangun dalam penyempurnaan program pendidikan di sekolah.( Ida Ayu Komang A.)

                                                                                                                                               
Daftar Pustaka

(by: kel PENGKUR TP UNJ’12) idaaka.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

I Putu Putra Adnyana mengatakan...

Suksma Ayu

Posting Komentar